Jajaran Lapas Banyuasin Ikuti Launching Kumham - CSIRT

Berita Utama Dilihat: 1032

CSIRT

Jajaran Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Banyuasin Kemenkumham Sumsel mengikuti launching Kumham Computer Security Incident Response Team atau disingkat Kumham (CSIRT) secara virtual, Selasa (14/06/2022).

Kegiatan berpusat di Graha Pengayoman Republik Indonesia dan dihadiri langsung Kepala BSSN, Sekjen Kumham, Plt. Sestama BSSN, Staf Khusus Menkumham Bidang Transformasi Digital, Pimpinan Tinggi Pratama Pemangku Fungsi TI, Tim Kumham CSIRT, serta diikuti oleh seluruh Kantor Wilayah dan UPT Kementerian Hukum dan HAM se-Indonesia melalui aplikasi zoom.

Pada kesempatan tersebut, Kepala BSSN Republik Indonesia Letnan Jenderal TNI (Purn) Hinsa Sibarian mengapresiasi pembentukan Kumham CSIRT ini, menurutnya, mengutip dari amanat presiden Joko Widodo bahwa kejahatan Siber termasuk kejahatan peyalahgunaan data. Data adalah jenis kekayaan baru bangsa dan kini lebih berharga daripada minyak.

“Kita harus siaga menghadapi ancaman kejahatan siber, dalam bidang pertahanan keamanan, kita juga harus tanggap dan siap menghadapi perang siber,” ujarnya.

Selain itu, Sekretaris Jenderal  Kementerian Hukum dan HAM RI Komjen Pol Andap Budhi Revianto menjelaskan, perkembangan lingkungan strategis sudah di depan mata. Reformasi digital di bidang keamanan harus dibentuk dan dilakukan secara konsisten. Kumham - CSIRT ini digagas sebagai langkah penanganan insiden keamanan data di Lingkungan Kementerian Hukum dan HAM.

“pelaksanaan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) kita telah mencapai indeks 3,68 dengan kategori sangat baik, hal ini tentu menjadi suatu kebanggaan bagi kita untuk terus menjalankan birokrasi digital, termasuk dalam hal keamanan data. Kita harus sigap dan tanggap menghadapi perang siber, terorisme dan intoleransi,” jelasnya.

Kegiatan diikuti secara virtual oleh Kepala Lapas Kelas IIA Banyuasin Ronaldo Devinci Talesa didampingi Kasubbag Tata Usaha M Faikar, Kasi Adm Kamtib Ibrahim Lakoni, Kepala KPLP serta jajaran Kasubsi dan staf.

csirt2

Cetak