Kukuhkan Komitmen Pegawai, Lapas Banyuasin Gelar Deklarasi Janji Kinerja

janji2

Jajaran Lapas Kelas IIA Banyuasin, Lapas Kelas IIB Sekayu, dan Lapas Narkotika Kelas IIB Banyuasin melaksanakan Deklarasi Janji Kinerja Tahun 2022, Jumat (21/01.2022). Kegiatan ini digelar dalam rangka meningkatkan pelaksanaan kinerja yang semakin Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan, dan Inovatif (PASTI) serta Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmoni, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif (BerAKHLAK). 

Kegiatan berupa penandatanganan komitmen bersama janji kinerja dan dilaksanakan di aula Lapas Kelas IIA Banyuasin yang berlaku sebagai tuan rumah,. Penandatanganan  ini dilakukan oleh seluruh pejabat administrasi dari Lapas Kelas IIA Banyuasin, Lapas Kelas IIB Sekayu, dan Lapas Narkotika Kelas IIB Banyuasin serta disaksikan langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumatera Selatan, Indro Purwoko.

Usai dilakukan penandatanganan dokumen, acara dilanjutkan dengan pembacaan Teks Deklarasi Janji Kinerja dipimpin oleh Kalapas Kelas IIA Banyuasin, Ronaldo Devinci Talesa, dan diikuti oleh seluruh Insan Pengayoman yang hadir. Janji kinerja tersebut berisi tentang himbauan untuk selalu menjaga kesehatan agar tetap berkinerja secara produktif, melaksanakan perjanjian kinerja secara bertanggung jawab, dan menyiapkan langkah antisipasi dan mitigasi sedini mungkin untuk meminimalisasi risiko.

Kalapas Banyuasin Ronaldo Devinci Talesa mewakili Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) lainnya dalam sambutannya menyampaikan, pelaksanaan Deklarasi Janji Kinerja ini bertujuan mengukuhkan komitmen seluruh pegawai untuk bekerja sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan.

Sementara itu, Kakanwil Kemenkumham Sumsel Indro Purwoko dalam arahannya mengatakan, melalui Deklarasi Janji Kinerja ini, seluruh ASN Kemenkumham harus  menjadi Insan Pengayoman yang semakin baik dan siap berkomitmen meningkatkan kinerja sesuai dengan target capaian yang telah ditetapkan setiap tahunnya.

“Momentum hari ini sejatinya dimaknai oleh seluruh jajaran Kemenkumham untuk senantiasa berjanji dengan sepenuh hati memberikan yang terbaik untuk bangsa dan negara. Janji kinerja yang telah kita ucapkan bersama, adalah komitmen yang bukan hanya ucapan dan pemenuhan untuk kontestasi semata. Tetapi harus diimplementasikan untuk berkinerja lebih baik dan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat,” tegasnya.

janji1janji1janji1janji1

Apresiasi Atas Kelakuan Baik, Enam Warga Binaan Lapas Banyuasin Terima Remisi Natal

rem1Sebagai bentuk apresiasi dan pemenuhan hak warga binaan, sebanyak enam warga binaan pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Banyuasin mendapatkan remisi atau pemotongan masa tahanan hari raya Natal 2021.

Pemberian remisi dilakukan seusai peringatan Natal di Gereja Lapas Kelas IIA Banyuasin, Sabtu (25/12/ 2021). Remisi diberikan kepada para warga binaan yang beragama Nasrani.

Kepala Lapas Kelas IIA Banyuasin Ronaldo Devinci Talesa dalam sambutannya mengatakan, pemberian remisi kepada Narapidana adalah salah satu indikator pelaksanaan pembinaan di Lapas yang merupakan salah satu unsur pemenuhan hak bagi narapidana yang dilindungi dan ditetapkan oleh undang - undang.

"Remisi Khusus Natal ini diberikan kepada warga binaan yang telah memenuhi syarat substantif dan administratif sesuai dengan Permenkumham No. 18 Tahun 2019, di antaranya sudah menjalani masa hukuman minimal enam bulan. Berkelakukan baik dan berperan aktif mengikuti program pembinaan di Lapas," jelasnya.

Selain itu, Kasubsi Registrasi Lapas Banyuasin Muamar Fihri mengatakan, sebanyak enam warga binaan tersebut mendapatkan remisi dengan besaran 15 hari, 1 bulan dan 1 bulan 15 hari.

"Kita sudah mengusulkan enam orang beragama Nasrani untuk mendapatkan remisi, dan semuanya disetujui dan memenuhi syarat dengan rincian, tiga orang mendapat remisi 15 hari atas nama Edison Pasaribu, Hanris Purba, Nelson Saragih. Lalu dua orang mendapat remisi 1 bulan atas nama Johannes Pardamean Siregar dan Sitong H Siregar. Terakhir satu orang mendapat remisi 1 Tahun 15 Hari atas nama Norman Amanda," jelasnya.

Rapat Akhir Tahun, Kalapas Banyuasin Ingatkan Pegawai Untuk Tidak Melanggar Aturan

IMG 1019Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Banyuasin menggelar Rapat Evaluasi Akhir Tahun 2021 di Ruangan Rapat Lapas, Kamis (23/12). Ronaldo Devinci Talesa selaku Kepala Lapas memimpin langsung rapat yang diikuti oleh seliuruh pejabat struktural eselon IV dan V beserta staf dan regu pengamanan

Kegiatan rapat akhir tahun ini diawali dengan sambutan dari Kalapas, dilanjutkan dengan pembacaan doa, lalu masing - masing Kepala Seksi melaporkan capaian kinerja serta kendala - kendala yang dialami selama Tahun 2021, Mulai dari Kasi Administrasi Keamanan dan Tata Tertib, Kasi Binadik, Kepala KPLP, dab Kasubbag Tata Usaha.

Kepala Lapas Kelas IIA Banyuasin, Ronaldo Devinci Talesa dalam sambutannya menyampaikan, tahun 2021 ini merupakan tahun ketiganya di Lapas Banyuasin. Ia mengakui di tahun ini kinerja Lapas Banyuasin mengalami fluktuasi, terkadang naik dan terkadang turun. Namun, dibalik itu semua ia menilai para pegawai sudah bekerja dengan sangat baik.

"Melalui rapat ini, kita sama - sama melalukan evaluasi kekurangan dan kesalahan yang telah dilakukan selama tahun 2021. Apabila di tahun ini tidak dapat meraih WBK, kita coba lagi di Tahun 2022. Tingkatkan kedisiplinan dalam bekerja, ikuti perintah pimpinan, jalankan tugas sesuai SOP, dan jaga lingkungan Lapas tetap kondusif," ungkapnya.

Ronaldo menambahkan, pengawasan darinya di Tahun 2022 akan lebih diperketat. Ia dengan tegas mengungkapkan akan memecat siapa saja pegawai yang melakukan penyelewengan dan melanggar peraturan yang ada.

"Jangan sekali - sekali melanggar peraturan, saya akan pecat pegawai yang melakukan hal itu karena hanya akan merusak nama baik Lapas Banyuasin," tegasnya.